Sosialisasi Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Penerjemah di Manado

Nama Kegiatan : sosialisasi
Jadwal : 18 s.d. 20 April 2011
Lokasi : Manado – Sulawesi Utara
Pelaksana : Asisten Deputi Naskah dan Penerjemahan, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan, Kementerian Sekretariat Negara RI, bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Utara

Rangkaian seminar Sosialisasi Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Penerjemah terus dilaksanakan sesuai dengan yang telah diagendakan oleh Asisten Deputi Naskah dan Penerjemahan, dan kali ini diselenggarakan di Manado, Sulawesi Utara, dari tanggal 18 s.d. 20 April 2011.

Seminar dipimpin langsung oleh Kepala BKD Provinsi Sulawesi Utara, Drs. Roy Tumiwa, M.Pd., dan didampingi oleh Asisten Administrasi Umum Pemprov Sulawesi Utara, AG Kawatu, S.E., M.Si., serta dihadiri oleh wakil-wakil BKD Provinsi dan Kabupaten/Kota Sulawesi Utara.

Sementara itu, materi pembahasan peraturan perundang-undangan, persyaratan, dan prosedur pelaksanaan pengangkatan Pejabat Fungsional Penerjemah melalui mekanisme penyesuaian/inpassing disampaikan oleh Direktur Jabatan Karier, Badan Kepegawaian Negara, Yulianus Tandi, S.H., M.Si.yang dalam presentasinya menjelaskan bahwa JFP merupakan wadah karir bagi PNS penerjemah untuk meningkatkan kemampuan penerjemahannya dan mencapai jenjang karir yang tinggi dalam waktu yang relatif cepat.

Disamping itu, Asisten Deputi Naskah dan Penerjemahan selaku moderator dan perwakilan Instansi Pembina Jabatan Fungsional Penerjemah memberikan penjelasan mengenai tugas/fungsi Kementerian Sekretarian Negara sebagai Instansi Pembina Jabatan Fungsional Penerjemah, dan tugas/fungsi penerjemah dalam melakukan penerjemahan tulis dan lisan.

Disela-sela seminar Sosialisasi Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Penerjemahjuga dipaparkan pembahasan tentang Provinsi Sulawesi Utara sebagai sasaran ke-5 bidang pariwisata dan ke-10 program MICE (Meetings, Incentives, Conferencing, Exhibitations) secara nasional dimana program ini membutuhkan tenaga penerjemah untuk mensukseskan program tersebut.

Para peserta yang ingin mengetahui secara detail mengenai Jabatan Fungsional Penerjemah tampak tidak menyia-nyiakan sesi tanya jawab di akhir acara. Beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan peserta diantaranya mengenai bahasa sumber dan bahasa sasaran penerjemahan, tunjangan bagi jabatan fungsional penerjemah, program pendidikan dan latihan serta karir jabatan fungsional penerjemah. Tidak sampai disitu, Kepala BKD Kabupaten Bolaang Mangondow Selatan bahkan lebih lanjut akan mengadakan sosialisasi Jabatan Fungsional Penerjemah dan mekanisme penyesuaian/inpassing di lingkungan pegawai Kabupaten Bolaang Mangondow Selatan.

update : - 2011-06-13 09:26:08

Siapa Penerjemah

Penerjemah adalah Pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melaksanakan kegiatan penerjemahan baik secara tertulis maupun secara lisan.

Instansi Pembina

 
 

Jabatan Fungsional Penerjemah
Asisten Deputi Naskah dan Penerjemahan
Deputi Bidang Dukungan Kebijakan
Kementerian Sekretariat Negara
Republik Indonesia

Alamat : Gedung I Lantai 1
Jl. Veteran No. 18 Jakarta Pusat 10110
CP : Conakry Marsono, S.S.
Kepala Bidang Pengelolaan dan Pengembangan Jabatan Fungsional Penerjemah
    Nurmeilawati, S.S., M.M.
Kepala Subbidang Pengembangan dan Diklat
Telephone : +6221-3848447
FAX : +6221-3848447
E-mail : jf_penerjemah@setneg.go.id